Setelah 28 Tahun, Selle KS Dalle Raih Gelar Insinyur Profesional di FTI UMI

Setelah 28 Tahun

Ketua Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, Selle KS Dalle (45), Minggu (7/5/2017), resmi meraih gelar Insinyur (Ir) di wisuda Program Profesi Insinyur (PPI) Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Legislator Partai Demokrat kelahiran Soppeng ini disumpah bersama 22 wisudawan progrmam PPI FTI-UMI di sidang Yudisium di Aula Al-Jibra, Kampus UMI, Jl Urip Sumiharjo, Panaikang, Makassar.

Selain Ketua Bappilu DPD Partai Demokrat Sulsel, Bupati Konawe Utara M Ruksamin, juga ikuti diwisuda. Seremoni puncak akademisi ini dipimpin langsung Rektor UMI Prof Dr Masrurah Mochtar MA.

“Ini wisuda bersejarah. Saya kuliah di Fakultas Teknik UMI tahun 1991, tapi baru dapat gelar insinyur setelah 28 tahun,” ujar Selle, perihal gelar profesi baru yang akan dia sandang di depan namanya.

Selle telah menyelesaikan strata satu di Teknik Mesin UMI sejak 1998. Namun, kala itu gelar yang diberikan, yakni Sarjana Teknik.

Gelar akademik di belakang nama Selle adalah efek dari kebijakan deregulasi gelar akademik tahun 1993 silam oleh Mendikbud, Fuad Hassan.

Melalui Keputusan Mendikbud RI Nomor 36/U/1993 tentang Gelar dan Sebutan Lulusan Perguruan Tinggi, penamaan gelar akademik sarjana strata satu, tak ada lagi di depan nama.

Semuanya dipindahkan ke belakang. Sarjana bidang teknik atau ilmu alam yang sebelumnya pakai insinyur jadi ST. Demikian juga dengan gelar sarjana ilmu sosial dan budaya yang sebelumnya, memakai gelar doktorandus

Baru pada 2016, ia mengambil program profesi insinyur di FTI UMI. Mereka yang ikut program ini harus linear dengan gelar sebelumnya atau sudah meraih gelar sarjana bidang keteknikan, atau program strata satu sejenis. (TribunTimur)