Tidak Punya Waktu Kuliah Di Program Profesi Insinyur ?

DefaultPPI
  • Saya tidak punya waktu kuliah seperti S1 dulu, banyak pekerjaan di kantor (Engineer di Pabrik A)
  • Rumah saya jauh dari Makassar, butuh biaya banyak (Pegawai Dinas Teknis di Kabupaten B)
  • Kalo dilaksanakan 2 tahun, sy malas ikut (Konsultan Teknik di Kota C)

Beberapa komentar paling umum dari sekian komentar calon peserta Profesi Insinyur UMI sebelum menerima info yang valid dari penyelenggara PSPPI.

Secara umum program profesi yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi yang lahir lebih dulu sebelum Profesi Insinyur semisal Profesi Dokter, Profesi Ners dan Profesi Apoteker membutuhkan waktu lebih dari setahun bahkan hingga dua tahun untuk mendapatkan gelar Profesi dr., Ns, atau Apt.

Lulusan sarjana di masing-masing program S1 Kedokteran, Keperawatan dan Farmasi dapat langsung mengikuti program Profesi.

Program Profesi Insinyur berbeda dan unik karena tidak seperti ketiga contoh profesi tersebut.

Setelah mendapatkan gelar ST, alumnus S1 teknik tidak dapat mengikuti program profesi insinyur secara langsung. Alumni diwajibkan memiliki pengalaman kerja keinsinyuran kurang lebih 2 tahun sebelum mendaftar masuk program profesi.

Dengan pengalaman keinsinyuran dan penerapan jalur RPL di penyelenggaraan PSPPI memastikan proses kegiatan program tidak seperti program profesi yg lain dengan banyak tatap muka di kampus atau di lokasi magang.

Jika dengan pengalaman kerja lebih dari 2 tahun, jumlah materi perkuliahan dengan 24 SKS (ditetapkan oleh Kemeristekdikti) akan dapat disetarakan habis atau beberapa tambahan point saja dengan bukti pengalaman dan pendidikan.

Tatap muka hanya pada awal Masa Orientasi Pengenalan PSPPI UMI. Selanjutnya, peserta program berkonsultasi pembimbingan melalui media digital yang disediakan oleh manajemen PSPPI UMI seperti web dan aplikasi layanan digital.

Jadi masih khawatir ? Kini kita tidak perlu khawatir, pekerjaan kantor tidak akan terbengkalai, tidak perlu jauh datang berkali-kali ke Makassar hanya untuk bertatap muka dan pastinya hanya berlangsung satu semester saja.

Jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) sebagai salah satu jalur yang ditetapkan oleh Kementerian Ristek Dikti untuk mendapatkan gelar Insinyur melalui Perguruan Tinggi, merupakan jalur pengakuan capaian pembelajaran atas hasil Pembelajaran Lampau dalam bentuk pendidikan formal/non formal maupun pengalaman kerja.

Syarat untuk mengikuti Program RPL adalah Pengalaman kerja di atas 2 tahun. Syarat Wajib lainnya Akreditasi Institusi asal dan Prodi asal masing-masing minimum B. Syarat lainnya adalah menyertakan Surat Keterangan Kerja.

Mau jadi Insinyur? Ingat PSPPI UMI. Daftar via online: https://regppi.teknologiindustriumi.ac.id  atau datang langsung ke Kantor Pelayanan Pendaftaran PSPPI UMI dI Gedung Fakultas Teknologi Industri UMI Lt.1 Jl. Urip Sumoharjo KM 5 Makassar. Informasi lengkap SMS & WA : 081231513608.

Related Blogs