Agustus 2016, FTI UMI Resmi Buka Prodi Profesi Insinyur

Agustus 2016, FTI UMI Resmi Buka Prodi Profesi Insinyur

Fakultas Teknik Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) resmi membuka program studi profesi keinsinyuran Agustus tahun 2016.

“Maksimal 100 orang akan diterima tahun ini dan pendaftarannya melalui online, persyaratan paling utama yaitu harus memiliki insinyur profesional Madia (IPM) minimal 6,” jelas Wakil Dekan 1 Ir. Andi Pawennari, di gedung FTI UMI, Senin (16/5/2016).

Andi Pawennari melanjutkan, Sifat kurikulum PPI dan sistem kredit semester bermuatan 24 SKS. 70 persen dilapangan atau tempat kerja dengan pembimbing magang.

“Selanjutnya itu maksimal 30 persen tatap muka di ruangan dengan dosen pembimbing,  durasi pelaksana PPI satu sampai dua semester,” tuturnya.

Selain itu,  staf pengajar PPI adalah dosen yang telah memiliki sertifikat Insinyur Profesional Madya (IPM) yang masih berlaku, serta telah mendapat surat penugasan dari lembaga terkait yaitu persatuan insinyur Indonesia (PPI).

Sementara itu, Tim Kerja Pendidikan Profesi Insinyur Kementristik Dikti PII, Faizal safa, berharap sarjana teknik UMI dapat praktek di Industri. Menurutnya saat ini tidak semua industri dapat menyerap mahasiswaa kerja praktek.

“Kita akan tetap dorong agar tidak anak didik menerima antrian untuk kerja praktek di Industri. Karena kalau ada antrian bisa molor sampai satu tahun, sementara batas profesi insinyur ini hanya tiga tahun,” tutupnya. (Rakyatku)